Selasa, 13 November 2012

Aliran Surealisme

    ALIRAN  SUREALISME


Pengertian

     Salah satu aliran dalam melukis yaitu "Aliran Surealisme". Aliran Srealisme adalah aliran seni dan kesustraan yang melukiskan alam bawah sadar (seperti mimpi). Surealisme diluncurkan secara resmi di Paris, Perancis, pada tahun 1924, ketika penulis Perancis Andre Breton menulis manifesto pertama surealisme, mengguratkan ambisi-ambisi akan kelahiran gerakan baru (Breton menuliskan dua lagi manifesto surealis, pada tahun 1930 dan 1942).


      Gerakan tersebut segera menyebar ke wilayah lain di Eropa, juga ke wilayah Amerika Utara dan Selatan. Di antara kontribusi - kontribusi yang paling penting dari gerakan surealis adalah penemuan teknik artistik baru yang terhubung ke alam pikiran bawah sadar seniman.
   
    Para surealis kebanyakan dipengaruhi oleh Sigmund Freud (pendiri psikoanalisis dari Austria). Mereka sangat menerima pembedaannya antara ego dan id (antara naluri-naluri dan hasrat-hasrat utama kita <id> dan corak perilaku kita yang lebih beradab dan rasional <ego>). Sejak tuntutan dan kebutuhan utama kita secara berkala berjalan bersinggungan dengan pengharapan masyarakat, Freud menyimpulkan bahwa kita menekan hasrat asli kita ke dalam bagian bawah sadar pikiran kita. Untuk individu yang ingin menikmati kesehatan kejiwaan, ia rasa, mereka harus membawa hasrat-hasrat itu ke pikiran sadar. Freud percaya bahwa – mengesampingkan desakan tuntutan untuk menekan hasrat-hasrat – yang ada di pikiran bawah sadar tetap menampilkan dirinya, terutama ketika pikiran yang sadar melonggarkan cengkeramannya; dalam mimpi, mitos, corak kelakuan ganjil, terpelesetnya lidah, ketidaksengajaan, dan seni. Dalam pencarian untuk mendapatkan akses ke alam pikiran bawah sadar, para surealis menciptakan bentuk dan teknik baru seni yang radikal.


Contoh Aliran Surealisme




   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar